Air Terjun Kokok Sawoo - Ponorogo

Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari dua tingkatan. Letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan.

dikenal. Salah satu wisata yang belum banyak dikenal adalah Wisata Air Terjun Mlaten. Dinamakan Air Terjun Mlaten karena letaknya berada di Dukuh Mlaten Desa Temon Kecamatan Sawoo. Selain dikenal dengan Air Terjun Mlaten, masyarakat sekitar juga menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Kali Kokok, karena letaknya berada di aliran Kali Kokok.

Dengan rute dari pasar Sawoo belok ke kiri (jalan menurun) menuju pertigaan Tumpak Pelem berjarak +/- 7Km, setelah sampai di pertigaan ambil jalan kiri menuju Desa Temon berjarak +/- 3Km,rute ini bisa kita lalui sebelum ke obyek wisata Gunung Bedes.

Terlihat sebelah kiri jalan terdapat baliho kecil foto air terjun, setelah berbelok ke kiri mengikuti petunjuk arah sampailan ke parkiran kendaraan yg sudah dikelola oleh karang taruna dusun tersebut, jasa parkir Rp.3.000

Untuk mencapai lokasi Grojogan Kokok, dari wilayah kota memerlukan waktu perjalanan sekitar satu jam. Sesampainya di lokasi parkir, wisatawan harus berjalan kaki sejauh 700 meter.

Lokasi

Terletak di Dusun Mlaten, Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Air terjun ini bisa ditempuh melalui dua jalur, yaitu jalur Utara dan jalur Selatan. Jalur Utara bisa ditempuh dari Alon-alon Ponorogo menuju arah Kecamatan Sooko. Sesampainya di perempatan/Pasar Suru (Kec. Sooko) belok kanan menuju arah Desa Ngadirojo atau menuju arah wisata Gunung Bedes. Sesampainya di Desa Ngadirojo (setelah melalui SMPN 2 Sooko dan SDN 3 Ngadirojo) akan ada pertigaan, ambil arah ke kanan (arah lurus menuju Gunung Bedes). Ikuti terus jalan tersebut sampai ada bekas pabrik marmer. Kurang lebih 500 meter dari bekas pabrik marmer ada pertigaan, ambil arah ke kanan. Sekitar 1 km air terjun sudah akan terlihat.

Sedangkan jalur selatan bisa ditempuh dari Alon-alon menuju arah Kecamatan Sawoo, sesampainya di Pasar Sawoo ambil arah menuju Desa Tumpakpelem dan Desa Tempuran. Ikuti jalannya sampai ada pertigaan di Desa tumpakpelem ambil arah ke kiri. Setelah sampai jembatan ada pertigaan kecil dan ada papan nama air terjun yang terpasang. ikuti jalannya, kalau lewat jalur ini harus menuruni tebing agar sampai di bawah air terjun.

Air Terjun Mlaten debit airnya tergantung pada curah hujan, jika curah hujan tinggi debit air akan deras dan membuat indah air terjun. Namun sebaliknya, jika musim kemarau aliran airnya sangat kecil sehingga keindahan air terjunnya berkurangTempat wisata yang berjarak 25 kilometer dari pusat Kota Ponorogo ini masih tergolong asri.

dapat diakses dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Jika dari Alun-alun Ponorogo ke arah selatan sampai dengok ambil kiri (ke arah trenggalek, jangan ikut yang ke arah pacitan). Ikut jalan sampai tikungan pasar sawoo ambil kanan sedikit setelah itu kiri jalan ada jalan turun. Ambil ke kiri terus ikuti jalan walaupun agak berkelok naik-turun sekitar 8 km akan menemukan pertigaan tumpak palem. Ambil ke kiri ke arah desa Temon. Ikuti jalan saja sekitar 3 km akan menemukan petunjuk jalan.

Alun-alun -> Dengok -> Jetis -> Sambit -> Sawoo -> Pertigaan Tumpak Pelem -> Desa Temon -> Lokasi Air Terjun Kokok/ Mlaten.