Air Terjun Telunjuk Raung - Banyuwangi

Air Terjun Telunjuk Raung memiliki kertinggian sekitar 20 m dan berada di area perkebunan Bayu Kidul.

berjarak 40 KM dari pusat kota banyuwangi dengan waktu tempuh 1 setengah jam dengan kendaraan bermotor. untuk kondisi jalan menuju lokasi wisata masih berupa tanah dan bebatuan, namun masih bisa dilewati oleh mobil. jalan seperti ini akan wisatawan lewati setelah melewati pos pemantauan gunung raun. nantinya wisatawan juga akan melewati perkebunan tebu yang sangat luas.

Kondisi jalan seperti ini akan dijumpai setelah pengunjung melewati pos pemantauan Gunung Raung dan wisatawan juga akan melewati perkebunan tebu yang sangat luas sebelum tiba di lokasi wisata air terjun tersebut. Sesampainya di tempat parkir, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk bisa menikmati keindahan air terjun Telunjuk Raung.

Saat berjalan kaki, wisatawan akan dibuat takjub dengan suasana hutan yang masih asri dan alami. Di situ para pelancong juga menjumpai beberapa air terjun kecil yang mengalir dari dinding batu. Setelah berjalan kaki melewati jembatan, pengunjung akan menemukan sebuah kolam agak besar yang bisa digunakan untuk mandi. Tentunya air yang ada disini sangatlah dingin karena langsung berasal dari sumber.

Untuk menuju ke sana, pengunjung harus menyusuri jalan di tengah ladang tebu milik Perkebunan Tirta Harapan. Jarak tempuhnya sekitar 4 kilometer dari pemukiman warga Desa Sumber Arum dengan kondisi jalan terjal dan naik turun.

sesampainya di tempat pemarkiran kendaraan, wisatawan akan diberi kartu parkir yang nantinya akan digunakan untuk pengecekan kendaraan disaat pulang dan pembayaran parkir yang berharga Rp 7000. dari pemarkiran wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Telunjuk Raung. ketika berjalan kaki, wisatawan akan dibuat takjub dengan suasana hutan yang masih asri dan alami.

Setelah berjalan kaki melewati jembatan, wisatan akan menemukan sebuah kolam agak besar yang bisa wisatawan gunakan untuk mandi – mandian, tentunya air yang ada disini sangatlah dingin karena langsung berasal dari sumber. adanya kolam ini juga menandakan wisatawan sudah dekat dengan Air Terjun Telunjuk Raung. dengan berjalan kaki sedikit lagi wisatawan sudah bisa menikmai keindahan air terjun.

Kelebihan air terjun telunjuk raung yaitu ada tiga goa sebelah kiri ada dua sebelah kanan ada satu, panjang ruang dalam goa yang sebelah kanan + 5M, ketinggian + 8M. Dan pemandian yang berada di sebelum air terjun telunjuk raung dengan kedalaman 2,5M, untuk lebar + 15M.Tapi bila anda jalurnya benar menuju desa songgon, jalur aslinya adalah aspal mulus yang bisa dilalui mobil sedan sekalipun. Kemudian masuk desa mangaran menuju kawasan air terjun barulah mendapati beberapa km jalan makadam mungkin sekitar 2-3km. Ada 2 jalur terpisah yang disediakan melewati ladang jagung yang bisa dilalui oleh mobil dan melewati hutan yang hanya bisa dilewati oleh sepeda motor.

Sampai di area ternyata sudah disediakan tempat parkir dan ada jajanan penjual kaki lima tapi masih belum ada toilet. Masuk hanya membayar tiket parkir saja Rp 2000,- kemudian kami langsung prepare menapaki langkah-demi langkah menuju air Terjun Dewa Raung. Jalan kakinya sebenarnya sekitar 1km lebih tapi perjalanan tidak kerasa karena lelah anda akan dibayar sebuah suguhan alam dan udara yang tidak akan dapatkan di kota penuh politik. Melewati perbukitan, aliran sungai, pemandian air kecil, sawah dan akhirnya sampai dengan menyusuri aliran sungai dan diakhir perjalanan anda akan melihat airterjun berbebntuk seperti telunjuk orang setinggi 20meter dengan aliran tidak terlalu deras sehingga aman untuk mandi.Sesampai di bawah, pengunjung akan menyusuri jalanan di sekitar sungai dari lelehan air terjun. Di sana Anda tahu mengapa wisata ini disebut Telunjuk Dewa Raung. Sederhana, hanya karena bentuk air terjun serta sungainya mirip dengan posisi tangan sedang telunjuk.

“Dinamakan telunjuk raung karena sama dengan bentuk telunjuk

Lokasi

Terletak di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Banyuwangi dengan waktu tempuh 1,5 jam berkendara. Kondisi jalan menuju air terjun ini masih berupa tanah dan bebatuan namun masih bisa dilewati oleh kendaraan roda empat.

Air terjun ini memiliki bentuk yang cukup unik, menyerupai telunjuk orang dewasa, dan karena letaknya di lereng gunung Raung maka dinamakan air terjun telunjuk dewa raung. Lokasinya dekat dengan air terjun selendang arum, namun para pengunjung harus melewati jalan setapak dan menembus lebatnya hutan belantara. Selama perjalanan akan disuguhi suasana alam hutan yang asri dan terdapat sebuah pohon beringin besar berusia ratusan tahun cocok untuk tempat berfoto. Di balik air terjun ini, juga terdapat sebuah goa yang belum di ketahui kedalamannya dan konon didalam gua tersebut juga mengalir sebuah mata air yang jernih

Untuk mencapai air terjun dengan ketinggian 20m ini, dapat menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4, namun jalurnya dibedakan. Untuk kendaraan roda 2, dapat ditempuh dengan melalui rute yang berada di tengah kebun cengkeh. Sedangkan untuk jalur roda 4 melalui ladang tebu.

Dari pusat kota Banyuwangi, untuk menuju lokasi air terjun kita harus melaju ke arah selatan dengan tujuan Rogojampi. Dari Rogojampi (pertigaan kantor Pos) belok ke arah barat menuju Songgon dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Setelah melewati pasar Songgon dan sampai pada pertigaan Sragi – Rowobayu, ambil arah ke selatan menuju Sragi hingga bertemu pertigaan Lapangan desa Sragi. Dari situ, belok ke kanan menuju arah barat menuju desa Bayu lor dan terus kebarang hingga sampai ke Dusun Mangaran. Dari Dusun Mangaran, kita sudah bisa menemukan petunjuk arah menuju air terjun Telunjuk Raung Mangaran.