Grojokan Tuwondo - Bantul

Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari dua tingkatan. Letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan.

Akses jalan menuju ke lokasi Air Terjun Tuwondo hanya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua saja. Rute mudahnya dari perempatan lampu merah sebelah timur Kid’s Fun (Jalan Wonosari KM 10) ambil jalan ke arah selatan (kanan) hingga Gedung Serba Guna Banyakan. Dari Gedung Serba Guna ikuti jalan terus ke selatan sejauh 200 meter hingga ada gang kecil dengan kondisi jalan beraspal selebar 2 meter. Masuk gang jalan tersebut dan melewati area persawahan hingga tiba di sebuah persimpangan. Ketika tiba pada sebuah pertigaan, bila ke arah kiri akan menuju Bukit Bucu dan ke arah kanan akan menuju ke Air Terjun Tuwondo. Pilih jalan ke arah kanan yang semula berupa jalan cor semen hingga berubah menjadi jalan tanah. Ujung jalan yang dilalui merupakan area parkir kawasan Air Terjun Tuwondo.

tingginya mencapai kurang lebih 25 meter dari puncak

Untuk lokasi Dusun Lemah Abang sendiri tidak begitu sulit ditemukan, dari Jl.Jogja-Wonosari km 8,5 atau sampai Kids Funds, nanti ke timur sedikit ada perempatan lampu merah sampakan, nanti belok ke selatan atau ke arah PLERET, nanti ikuti jalan tersebut lurus saja sampai area industri BANYAKAN kurang lebih 5km, nanti setelah belokan pertama lihat plakat Alumuniun & Kaca Banyakan, ada gang kecil masuk saja ikuti jalan tersebut, sekitar 50m ada pertigaan kecil ambil yang kiri, nanti melewati persawahan kurang lebih 1km, itu sudah sampai Dusun Lemah Abang, tinggal ikuti Petunjuk Arah saja. Karena di dusun Lemah Abang memang masih kental dengan adat jawa, disarankan untuk pengunjung semua bisa tetap menghormati dan sopan saat berkunjung ke desa wisata tersebut. so, buruan tancap gass ga

Asal usul nama Air Terjun Tuwondo berasal dari kata ‘tu’ yang merupakan singkatan kata ‘watu‘ dalam bahasa Jawa berarti ‘batu dan kata ‘ondo‘ berarti ‘tangga’. Mengapa disebut ‘tangga’ karena air terjun tersebut bertingkat seperti ‘tangga’.

Air Terjun Tuwondo Banyakan memiliki bentuk air terjun bertingkat tiga dan terbelah menjadi dua aliran. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian antara 3 hingga 5 meter. Disekitar air terjun banyak terdapat pohon jenis jati dan tanaman semak belukar. Batuan yang berada di sekitar air terjun merupakan batu kapur dan batuan andesit. Kondisi bebaruan disekitar air terjun cukup basah dan licin. Diharapkan pengunjung yang berwisata ke tempat ini selalu berhti-hati dan memperhatikan larangan yang terpasang pada dinding batu sekitar air terjun.

Aliran air yang mengalir di Air Terjun Tuwondo Banyakan sangat dipengaruhi oleh cuaca hujan pada hari sebelumnya. Jika hari sebelumnya terjadi hujan lebat maka debit air pada Air Terjun Tuwondo cukup melimpah pada hari berikutnya. Namun bila beberapa hari tidak mengalami hujan atau hanya terjadi hujan gerimis, debit air turun akan drastis dan mengurangi keindahan yang dipancarkan oleh air terjun ini.

Pada musim kemarau, Air Terjun Tuwondo mengering atau tidak mengalir airnya. Sumber air yang mengarah ke Air Terjun Tuwondo tidak cukup banyak menghasilkan air bahkan mengering sementara. Tidak ada daya tarik yang dipancarkan oleh Air Terjun Tuwondo saat musim kemarau. Bisa dibilang Air Terjun Tuwondo Banyakan tergolong air terjun musiman yang berfungsi pada musim hujan saja.

Lokasi

Terletak di Dusun Banyakan 3, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 20 km dari kota Yogjakarta.

• Kira-kira 10 km dari perempatan ringroad jalan Wonosari, Gowes dari kota Jogja menuju perempatan ringroad wonosari terus timur/jalan wonosari sekitar 4,2 km kemudian sampai perempatan jalan sitimulyo-segoroso belok ke selatan +/- 5 km sampai menemukan desa Banyakan 3.

• Alternatif lainnya dari ringroad menuju jalan pleret kemudian belok kiri/timur menuju arah Sitimulyo sampai nanti ketemu dusun Banyakan 3. Dari Gapura Banyakan 3 masuk ke timur/kampung, jalan cor sedikit menanjak.

Dari pusat kota Jogja melalui jalan Jogja-Wonosari berhenti di KM 10 tepatnya depan Taman rekreasi Kids Fun. Ada perempatan ambil jalan ke selelatan 4 KM. Nanti akan ketemu Dusun Banyakan di tandai dengan Gedung Serba Guna Banyakan yang ada di timur jalan. Untuk menuju ke lokasi wisata Air Terjun Tuondo dari Gedung Serbaguna Banyakan ke arah selatan kurang lebih 200 meter ada pertigaan ambil kiri atau ke selatan menuju perbukitan. Tepat sebelum naik bukit ada pertigaan ambil kanan kurang lebih 2-3 KM untuk menuju Air Terjun Toundo. Untuk sampai lokasi Air Terjun Tuondo tidak bisa menggunakan kendaran, jadi bisa titip kendaraan di parkiran atau rumah masyarakat sekitar tuondo.

dusun Banyakan III, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja melalui jalan Jogja-Wonosari berhenti di KM 10 tepatnya depan Taman rekreasi Kids Fun. Ada perempatan ambil jalan ke selelatan 4 KM. Nanti akan ketemu Dusun Banyakan di tandai dengan Gedung serba guna yang ada di timur jalan. Untuk menuju ke lokasi wisata air terjun Tuondo dari Gedung serbaguna Banyakan ke arah selatan kurang lebih 200 meter ada pertigaan ambil kiri atau ke selatan menuju bukit. Tepat sebelum naik bukit ada pertigaan ambil kanan kurang lebih 2-3 KM untuk menuju air terjun Toundo. Untuk sampai lokasi air terjun tuondo tidak bisa menggunakan kendaran, jadi bisa titip kendaraan di rumah masyarakat sekitar tuondo.