Air Terjun Lawean Kawisari - Blitar

Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari dua tingkatan. Letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan.

Untuk menuju air terjun ini anda bisa menggunakakn kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun untuk pengguna roda empat, pastikan anda cukup mahir mengendarai mobil dan gunakan mobil 4WD dan cukup tinggi. Selain itu untuk berputar anda membutuhkan jarak yang cukup jauh, karena di dekat air terjun ini tidak ada tanah yang cukup luas untuk memutar kendaraan.

Berhubung lokasi air terjun cukup rimbun, kami tidak bisa menemukan koordinat petanya sehingga tidak menampilkan peta lokasi pada postingan ini. Namun anda bisa ikuti rute berikut ini

• Dari Blitar anda harus menuju Wlingi

• Dari Wlingi cari rute menuju Batu, rute dari pasar wlingi ke utara

• Ikuti terus arah menuju rambut monte

• Sampai di pasar semen, belok kanan ikuti papan petunjuk ke arah sirah kencong (12 km)

• Jalan akan menanjak terus ikuti sampai anda tiba di gerbang masuk perkebunan kawisari.

• Anda bisa bertanya kepada penjaga dimana lokasi air terjun laweyan.

• Dari pintu masuk perkebunan, anda perlu melanjutkan perjalanan sejauh 1 – 2 km

• Kemudian ada jalan turun ke kiri yang cukup lebar. Muat untuk 1 mobil yang biasa digunakan untuk mengangkur hasil panen perkebunan

• Ikuti jalan tersebut hingga sampai di aliran sungai.

• Parkir motor di pinggir jalan dan jangan menutupi jalan. Karena jalan sempit biasa digunakan kendaraan perkebunan untuk lalu lalang

• Jalan kaki ke arah suara air terjun yang sudah terdengar jelas sejauh 100 meteran.

Kondisi jalan untuk menuju air terjun ini cukup sulit, dengan makadam dan tanah lempung serta jalan naik turun yang cukup panjang membuat anda harus ekstra berhati-hati apabila datang ke tempat ini. Jangan membawa rombongan terlalu banyak karena tidak ada tempat untuk memarkir kendaraan.

Air Terjun Lawean Kawisari terletak di kaki Gunung Kawi sisi barat tepatnya di wilayah Semen, Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Rute menuju ke lokasi air terjun cukup mudah namun harus bertanya pada warga sekitar karena lokasinya yang cukup tersembunyi.Lebih baik gunakan kendaraan roda 2 karena akses jalan yang cukup sempit, sulit dan berbatu terjal.

Rutenya dari Kota Wlingi ambil arah utara mengikuti petunjuk arah ke Pasar Semen. Sampai pertigaan, ambil arah ke kanan menuju ke Perkebunan Teh Sirah Kencong. Ikuti rute hingga memasuki hutan pinus sampai memasuki pos Perkebunan Banaran. Berhentilah di pos untuk perijinan (di pos ini bisa bertanya dimana lokasi Air Terjun Lawean Kawesari). Lanjutkan perjalanan mengikuti jalan yang masih berbatu. Setelah menemukan pertigaan di sebelah kiri menjorok ke bawah, itu adalah jalur ke lokasi Air Terjun Lawean Kawesari.

Di tengah jalur,ada bangunan di kanan jalan sebagai tempat penyimpanan hasil perkebunan dan itu menunjukkan lokasi Air Terjun Lawean Kawisari sudah dekat. Air Terjun Lawean Kawisari ada di sebelah kanan. Kendaraan bisa diparkir di sisi jalan dekat air terjun yang sudah nampak dari kejauhan. Selanjutnya cukup berjalan di jalan setapak untuk menuju lokasi Air Terjun Lawean Kawisari.

Lokasi

Terletak di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Secara administratif air terjun lawean kawisari terletak di area Perkebunan Kawisari 1 Afdeling Sumbersari yang masih masuk wilayah desa Semen kec. Gandusari Blitar.

Rute untuk menuju ke sana, dari kota arahkan ke timur mengikuti petunjuk ke Malang, sampai di pertigaan Wlingi belok kiri mengikuti petunjuk ke Rambut Monte, sampai di pertigaan pasar Semen belok kiri mengikuti petunjuk ke Sirah Kencong, setelah masuk gapura Perkebunan Kawisari ikuti jalan sampai tiba di percabangan ini ambil jalan yang kiri (menurun).

Lalu ikuti jalan sampai mentok ketemu pertigaan belok kanan dan ikuti jalan sampai tiba di jembatan kecil, berhenti disini lalu tengoklah kekanan dan air terjun Lawean Kawisari sudah terlihat dan hanya berjarak sekitar 30 meteran dari jalan.

Tidak berlebihan jika Air Terjun Lawean ini disebut sebagai tirai alam. Air terjun yang terletak tak jauh dari gerbang Perkebunan Kawisari, Desa Semen, Gandusari ini memang memiliki aliran yang melebar dan jatuh menyerupai tirai. Pada dasarnya air terjun ini memang bukan air terjun tunggal, ada sekitar tiga aliran air terjun yang letaknya berdekatan. Saking dekatnya, percikan aliran yang satu dengan lainnya saling bertaut. Inilah yang membuat Lawean terkesan menyerupai tirai.

Air Terjun Lawean terletak tak jauh dari Kawasan Agro Wisata Sirah Kencong, sehingga secara umum memiliki rute yang sama. Jika mengikuti rute Sirah Kencong via Kawedanan Wlingi, air terjun ini dapat dituju dengan berpatokan pada pertigan setelah pabrik susu. Jika Sirah Kencong ke kanan, maka air terjun ini ke kiri.

Kondisi Jalan menuju Air Terjun Lawean tergolong menantang. Rutenya berkelok-kelok khas jalur pegunungan. Tak semua jalannya telah beraspal, bahkan 2 – 3 km mendekati air terjun jalannya masih tanah. Jalanan tanah ini harus diwaspadai terutama jika para traveler sekalian ingin mengunjungi Lawean di musim penghujan.