Air Terjun Selendang Arum - Banyuwangi

Air Terjun Selendang Arum memiliki ketinggian sekitar 20 m mengalir di Sungai Bedeng di lereng Gunung Raung. Keistimewaan air terjun ini mengair di dinding tebing batu menyerupai selendang.

Untuk menuju lokasi Air Terjun Selendang Arumterdapat 2 rute. Rute pertama anda lewat rogojampi menuju kearah songgon sampai dipertigaan desa sragi. Selanjutnya anda menuju ke desa sumberarum. Sedangkan rute kedua anda bisa lewat desa gendoh kecamatan sempu. Ketika ada pertigaan di desa. anda pilih arah ke barat menuju desa sumberarum yang jaraknya kurang lebih 10 kilo meter.

Kondisi kedua rute tersebut masih bagus. Tapi ketika sampai di desa sragi kondisi jalan sudah mulai rusak hingga desa sumberarum. Desa sumberarum merupakan desa paling barat di kecamatan songgon.

Untuk menuju Air Terjun Selendang Arum terdapat dua alternatif yang dapat dijadikan pilihan. Pertama, dari Rogojampi – Songgon – Sragi – Sumberarum. Kedua, dari Desa Gendoh –Desa Sragi – Sumberarum dengan total jarak 10km. Baik dari alternatif pertama dan kedua kondisi jalan sama-sama bagus.Tapi kondisi jalan yang bagus hanya sebatas di Desa Sragi. Sedangkan jalan Desa Sumberarum masih harus lebih berhati-hati hingga saat ini. Kendaraan harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan di Desa tersebut.

Di objek wisata Air Terjun Selendang Arum belum terdapat fasilitas dan akomodasi untuk menunjang aktivitas wisata disana. Akan tetapi, saat sampai di tempat tujuan suasana natural nan eksotis akan membayar semua perjalanan yang melelahkan sebelumnya.

Lokasi

Terletak di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Untuk menuju air terjun Selendang Arum, dari Kecamatan Genteng ambil arah menuju ke Gendoh. Setelah sampai di pertigaan Gendok, belok ke kiri lalu lanjutan perjalanan sampai melewati perkebunan cengkeh, lalu Anda akan menemukan pertigaan, belok ke kanan. Sampai di sini Anda bisa bertanya pada penduduk setempat yang Anda jumpai, mereka pasti dengan senang hati menunjukkan lokasi Air Terjun Selendang Arum.

Lokasi air terjun Selendang Arum sebetulnya tidak terlalu jauh, yaitu hanya sekitar 500 meter dari pemukiman warga, namun medannya memang tidak mudah. Rute yang dilalui adalah jalan setapak. Praktis, untuk menjangkau lokasi air terjun tidak bisa diakses semua kendaraan. Pengunjung harus melewati jalan terjal, bebatuan, lalu menuruni bukit, dan melewati indahnya persawahan. Namun justru ini bisa menjadi daya tarik tersendiri dan tantangan tersendiri bagi wisatawan. Perjuangan dan rasa capek untuk mencapai lokasi air terjun akan terbayarkan ketika melihat derasnya air yang turun dari bebatuan yang