Air Terjun Sumenep - Jepara

Air Terjun Sumenep terdiri dari tiga rangkaian tingkatan. Untuk tingkatan pertama memiliki ketinggian sekitar 15 m dengan tiga terjunan (kucuran) air yang berdampingan. Pada tingkatan kedua terdapat dua terjunan air dan dibawahnya terbentuk kolam penampungan yang cukup luas dan tidak terlalu dalam sehingga dapat digunakan untuk berendam atau mandi. Sedangakan pada tingkatan ketiga air terjun membentuk dua terjunan air yang berdampingan.

Untuk rute dari pasar batealit anda lurus saja ke utara mengikuti jalan anda akan sampai dilokasi parkiran wisata hutan wono pinus setro dan dikenakan biaya parkir 3000 rupiah. Dari hutan wono pinus setro anda akan menempuh perjalanan sekitar 40 menit untuk menuju ke air terjun sumenep ini

Untuk menuju Air Terjun Sumenep ini kalau dari Kota Jepara: Kota Jepara - Pekalongan - Bawu - Batealit - Hutan Pinus Setro - Ikuti jalan setapak ke atas sampai bertemu pertigaan ambil kiri, kalau lurus ke Dung Paso

Lokasi

Terletak di Dukuh Setro, Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Air Terjun Sumenep berada di sebelah selatan objek wisata Wono Pinus Setro. Waktu yang dibutuhkan kesana sekitar 40 menit. Pada menit pertama perjalanan akan melintasi punggung bukit dengan jalan berbatu selebar 2 m yang sudah tertata rapi hingga tiba di pertigaaan jalan setapak selebar 50 cm. Dari pertigaan ini ambil belokan ke kiri menyusuri jalan setapak yang banyak ditumbuhi semak-semak dan pepohonan. Selanjutnya menuruni bukit ke area persawahan hingga tiba di lokasi air terjun pertama

Untuk menuju air terjun kedua naik ke arah hulu melewati jalan setapak yang licin dan terjal dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Sedangakan untuk menuju air terjun terakhir yang terletak di atas air terjun kedua jalan setapak yang ditempuh lebih terjal dibandingkan menuju ke air terjun kedua

• Pesona

Air Terjun Sumenep memiliki tiga tingkat, yang masing-masing tingkat memiliki pesonanya yang menarik:

• Air Terjun Tingkat Pertama

adalah air terjun yang paling bawah berupa dinding batu dengan tiga anak air terjun yang berjejeran

• Air Terjun Tingkat Kedua

adalah air terjun yang terindah dari ketiga Air Terjun Sumenep. Air terjun kedua berupa dinding batu membentuk setengah lingkaran dengan tiga aliran yang menyebar dihiasi akar gantung dan lumut serta rumput hijau. hanya butuh waktu 10 menit untuk mencapai air terjun kedua dari tempat air terjun pertama dengan track lumayan menanjak.

• Air Terjun Tingkat Ketiga

adalah air terjun berupa dua aliran besar dan lebih tinggi dari air terjun pada tingkat sebelumnya. Kanan kiri air terjun merupakan lereng yang curam, tidak ada jalan menuju kesini jadi kita harus membuat jalur sendiri untuk mencapai lokasi, mendaki lereng bukit terlebih dahulu sebelum turun disisi lereng yang lain, berpegang pada akar-akar pepohonan, bergerak mencari sumber suara gemuruh air.