Curug Baligho - Majalengka

Curug Baligho mengalir dari ketinggian sekitar 30 meter dengan sumber air airnya berasal dari sungai Padabeunghar. Aliran air terjun ini selama puluhan tahun telah membentuk suatu goa yang lubangnya sangat sempit dan merupakan pemandangan yang cukup eksotis. Sayang curug ini malah belum dikenal dan belum dikelola dengan baik.

Lokasi

Terletak di Dusun Baligho, Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 23 km dari kota Majalengka dengan melewati jalur Rajagaluh-Cirebon kemudian berbelok menuju Desa Lengkong Kulon. Sesampainya di balai desa Lengkong Kulon belok ke kiri (jalan di sisi sebelah timur balai desa) dan terus ikuti jalan sampai bertemu dengan spanduk bertuliskan Curug Baligo Disini kendaraan pengunjung dapat diparkir dan dititipkan di lokasi parkir yang telah disediakan oleh warga setempat. Jalur alternatif lain melalui Talaga Herang (ke arah timur0 lurus belok kanan, nanti ada pertigaan dekat SDN Padaherang belok kanan. Kemudian ada jalan belok kiri sebelum tanjakan. Kondisi jalan cukup menanjak dan belum beraspal, selain itu lebar jalan sangat sempit hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Dari tempat parkir kendaraan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan menuruni tangga berundak yang sejauh kurang lebih 700 m menuju curug. Kondisi jalan setapak ini sebagian masih berupa tanah merah dan sebagian lagi sudah bersemen.

Wisata Lain

Talaga Herang, Batu Luhur, Situ Pemancingan Cikuda, Tirta Indah dan wisata belanja Durian di sepanjang jalur Kramat Sindangwangi-Rajagaluh