Air Terjun Tukad Cepung - Bangli

Air Terju Tukad Cepung ini mengucur di antara dua tebing yang mengapitnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 m. Selintas terkihat air terjun ini turun angsung dari langit karena ujung tumpahan air yang terbuka di atas menjadi silau karena cahaya matahari.

Setelah tiba di lokasi parkir kendaraan, kita akan langsung melihat loket tiket masuk air terjun. Dari loket tiket masuk ini kita harus trekking menurun kurang lebih 20 menit untuk sampai di lokasi air terjun. Awalnya jalur trekking terlihat cukup baik dengan jalan setapak yang sudah di-semen dan tangga yang baik, lalu kita akan melewati beberapa sungai kecil dan pintu air. Setelah itu jalan setapaknya sudah mulai tanah dan kemudian masuk sedikit ke hutan, tetapi tidak perlu takut tersesat karena selalu ada papan petunjuk jalan ke arah air terjun. Agak sedikit tricky karena setelah melewati jembatan bambu, jalan setapak akan terpecah menjadi dua dan papan petunjuk tidak ada di sini. Pilih arah kiri, lalu Anda akan melihat jalur menuruni bebatuan setelahnya. Jalur tersebut akan menuju ke sungai kecil yang airnya mengalir dari arah air terjun. Sampai di sini pemandangannya udah keren banget, bebatuan tinggi di kanan kiri dan cahaya matahari yang masuk membuat kita seperti berada di sebuah canyon. Nah untuk mencapai air terjun kita perlu berjalan menyusuri sungai lalu ada batu besar yang menutup jalur, kita harus melewati celah kecil untuk melewatinya dan kita akan langsung melihat air terjun yang tersembunyi diantara bebatuan.

Lokasi

Terletak di Banjar Penida Kelod, Kecamatan Tembuku. Kabupaten Bangli, Proponsi Bali.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 8 km dari kota Bangli atau 39 km dari kota Denpasar dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.

Bila berangkat dari kota Denpasar arahkan kendaraan ke jalan By Pass Ida Bagus Mantra, hingga tiba di perempatan Tegal Besar (Simpang Pantai Siyut). Ambil belokan ke kiri menuju jalan Tegal Besar dan ikuti jalan ini sampai akhirnya nanti bertemu jalan ke arah kanan dengan tulisan Tukad Cepung Waterfall

Dari loket tiket masuk perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki (trekking) kurang lebih 20 menit hingga tiba di lokasi air terjun. Perjalanan trekking dimulai dengan menuruni anak tangga sebagian yang sudah dicor dan yang belum (masih berupa tanah). Selanjutnya melewati jalan setapak dan menyusuri sisi aliran air bahkan terkadang melewati aliran airnya (nyemplung). Dan akhirnya sebelum tiba di lokasi air terjun berada pengunjung harus melewati bongkahan bebatuan besar dengan menyelinap diantara celah yang ada.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 10000 per orang.

Adapun rute perjalaanan yang bisa dilalui untuk menuju tempat wisata air terjun Tangkub (Slau) dari BandaraNgurah Rai yakni sebagai berikut. Begitu keluar dari kawasan Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan menuju jalan Tol bali Mandara hingga ke Jalan By Pass Ngurah Rai – Sanur. Dari Jalan By Pass Ngurah Rai – Sanur arahkan kendaraan ke timur hingga ke tempat wisata Patung Titi Banda. Dari Patung titi Banda arahkan kendaraan ke timur ke Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan pantai Tegal Basar lalu belok ke kiri menuju jalan Tegal Besar.

Dari Jalan Tegal Besar menuju Jalan Raya Tusan kemudian ke Jalan Bakas hingga jalan raya Tembuku. Setelah menemukan perempatan yang terdapat sebuah tugu jam, ambil jalur lurus hingga menemukan sebuah poster besar sebagai petunjuk arah menuju lokasi air terjun. Ikuti plang petunjuk arah yang sudah dibuatkan dalam bentuk kertas yang dilaminating maka pengunjung akan dituntun hingga ke area parkir.

Sekitar 15 meter sebelum sampai di lokasi air terjun, terdapat aliran air bendungan yang cukup dalam. Air bendungan ini biasa digunakan oleh masyarakat desa untuk mandi atau berendam.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menuruni jalan setapak yang berundak-undak. Lalu keseruan dan tantangan barulah dimulai, yakni menyelinap di sela-sela tebing batu karena jalan yang dilalui sangatlah sempit. Hingga surga tersembunyi yang membuat penasaran akhirnya terlihat dengan sangat menawan.