Air Terjun Njumeg - Blitar

Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari dua tingkatan. Letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan.

Air Terjun Njumeg/ Jumeg/ Kedung Njumeg secara administratif terletak di Dusun Ringinsari, Desa Ringinrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar. Letak air terjun ini cukup strategis karena berada tidak jauh dari jalur utama menuju Pantai Jolosutro. Rute menuju Jolosutro sendiri sudah sangat jelas karena banyak petunjuk arahnya. Kalau dirangkum, rute menuju Air Terjun Njumeg adalah sebagai berikut: Blitar – Lodoyo – Binangun – Wates – Perempatan Puskesmas Ringinrejo(barat jalan) belok ke kanan ke arah Bantengan (ada papan petunjuk arahnya) – Ikuti jalan aspal sampai mentok di tikungan – Belok ke kiri menuruni jalan macadam – sampai perempatan beraspal belok kanan mengikuti aspal – selanjutnya memasuki jalan macadam lagi hingga ke JLS (Jalur Lintas Selatan) – sampai JLS belok kiri – setelah jembatan pertama (jembatan kecil) ada percabangan, ambil yang nyempal ke kanan – ikuti jalan hingga terlihat rumah bambu di kiri jalan – Air Terjun Njumeg terletak tidak jauh dari rumah tersebut.Cara Menuju Air Terjun Njumeg

Lodoyo – Binangun – Wates – Perempatan Puskesmas Ringinrejo(barat jalan) belok ke kanan ke arah Bantengan (ada papan petunjuk arahnya) – Ikuti jalan aspal sampai mentok di tikungan – Belok ke kiri menuruni jalan macadam – sampai perempatan beraspal belok kanan mengikuti aspal – selanjutnya memasuki jalan macadam lagi hingga ke JLS (Jalur Lintas Selatan) – sampai JLS belok kiri – setelah jembatan pertama (jembatan kecil) ada percabangan, ambil yang nyempal ke kanan – ikuti jalan hingga terlihat rumah bambu di kiri jalan – Air Terjun Njumeg terletak tidak jauh dari rumah tersebut by tra

Satu-satunya tempat penitipan kendaraan adalah rumah bapak Suladi. Rumah beliau merupakan satu-satunya rumah yang ada di daerah tersebut. Jalanan makadam dengan tanah akan sulit dilewati ketika hujan. Jadi disarankan untuk datang kemari ketika musim kemarau, selain airnya jauh lebih jernih jalannya juga relatif lebih aman. Untuk roda 4 akan sulit untuk mengakses jalan ini, karena tidak ada tempat penitipan dan parkiran kendaraan. Hal tersebu wajar, mengingat tempat ini bukanlah destinasi wisata di blitar. Kalau mau coba datang ke sini silakan. Mampirlah ke rumah bapak Suladi untuk mendapatkan informasi tentang lokasi dan jalan treking ke lokasi.

Rute dari Blitar menuju binangun ada beberapa alternatif, bisa lewat Brongkos ke selatan; Jegu ke timur sampai Ngembul lalu belok ke arah Jolosutro; Atau lewat Lodoyo, Margomulyo, tembus Pasar Binangun. Kalau jauh deketnya rute tergantung dari titik awal pemberangkatan. Kami yang berangkat dari Kota Blitar bisa lewat rute Ngembul atau pun Margomulyo. Jaraknya hampir sama saja. Berhubung harus njemput Mas Ndanden di Margomulyo, kami memilih rute Margomulyo. Selanjutnya kami behenti lagi di Pasar Binangun untuk menjemput Mas Adon, dan rombongan Mba

Dari Blitar hingga Ringinrejo kondisi jalannya masih enak. Meski dibeberapa titik aspalnya bolong bolong, tapi tetap lancar untuk dilalui. Perjalanan mulai menantang setelah menuruni jalan macadam. Pengendara harus hati hati, dan kendaraan juga harus prima. Setelah melewati pemukiman terakhir kami pun sampai di JLS. Nyempal dari JLS kami terus merangsek sampai tiba di rumah Pak Suladi. Air Terjun Njumeg tidak jauh dari rumah bapak ini.

Lokasi

Dusun Ringinsari, Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Propinsi Jawa Timur.