Air Terjun Kedung Kandang - Gunung Kidul

Air Terjun Kedung Kandang adalah air terjun musiman karena mengalir di sat musim penghujan saja. Air terjun ini merupakan air terjun bertingkat dimana air mengalir ke bawah dari atas tebing perbukitan merayapi bebatuan hitam seperti anak tangga bertingkat. menuju ke bawah melalui sungai yang letaknya beringkat seperti anak tangga. bertingkat merayapi bebatuan hitan dan terletak di tengah sawah. Ketinggian keseluruhan sekitar 25 m.

Tiap-tiap tingkatan memiliki ketinggian yang berbeda (paling tinggi sekitar 5 m) dan memiliki kolam penampungan yang tidak terlalu dalam.

Di sekitar Air Terjun Kandang Kandang juga terdapat Air Terjun Njurug Talang Purba. Letaknya sekitar 150 m arah kanan pintu masuk dari Puncak Ngekong

Untuk mencapa lokasi tidaklah sulit, dari gunung api purba Nglanggeran terus saja hingga embung Nglanggeran, dari embung masih terus hingga menemukan warung mie ayam dikiri jalan (warung mie ayam Mbak Ning- mie ayam piring) pas dipertigaan, dan beloklah kanan melewati jalan cor-coran hingga menemukan lapangan voli di kanan jalan, nah dari situ gagahnya curug Kedung Kandang sudah terlihat. anda bisa parkir di lapangan voli, namun alangkah baiknya parkirlah di rumah salah satu warga dengan meminta ijin dahulu (saya tidak tahu apakah sekarang sudah dibuat area parkir, saat saya kesana belum ada)Nah Selain Pemandangan yang disuguhkan Kedung Kandang masih ada beberapa Kedung yang membelah persawahan Bendo diantaranya kedung keris , Kedung Temanten , dan ada juga Kedung Jurug. Penasaran Lurrr

Lokasi

Terletak di Pedukuhan Gunung Butak, Dusun Sendang Sari, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta.

Peta dan Koordinat GPS:

S7°51’20.2″ E110°32’06.3″

Aksesbilitas

Dapat ditempuh dari Jogja (arah barat)

Setelah menitipkan kendaraan di halaman rumah penduduk sekitar, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak tanah dan menyusuri pematang sawah yang cukup curam sekitar 800 m jauhnya.

Rute dari Jogja (dari arah Barat) :

Jogja - Jalan Wonosari - Piyungan - Bukit Bintang atau Bukit Patuk - Perempatan timur Radio GCD FM ke kiri - Ngoro-oro - Setelah Puskesmas Patuk 2 ke kanan - Sekretariat Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran - SDN Nglanggeran -Pertigaan belok kiri - Pertigaan setelah Lapangan ke kanan lihat papan petunjuk masuk lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba

Rute dari Wonosari (dari arah Timur) :

Wonosari - Bundaran Siyono - Logandeng - Lanud TNI AU Gading - Tahura Bunder - Rest Area Bunder - Pertigaan Sambipitu memutar belok kanan - Pertigaan ke kiri menuju arah Bobung - Plumbungan - Bobung - Balai Padukungan Gunungbutak- Pertigaan sebelum Lapangan ke kiri lihat petunjuk masuk lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba

Sebelum SMP N 2 Patuk masuk kiri ke arah desa Bobung, ketemu perempatan jika lurus arah desa wisata, kamu ambil kiri ke arah Nglanggeran, nanti bakal ketemu warung mie ayam mbak Ning (mie ayam piring sebelah kanan jalan), nah kamu ambil yang kiri sob! sekitar 200 meter ketemu lapangan voli, selanjutnya kamu bisa menitipkan kendaraan kamu pada penduduk sekitar.

Ancer-ancer dari Wonosari

Kamu tahu pertigaan Sambipitu? nah, kanan ke arah Nglanggeran ada warung mie ayam Bu Ning (sebelah kanan jalan) masuk kekiri sekitar 200 meter, ketemu lapangan voli, titipkan kendaraan kamu ya!

Ow iya, kendaraan bisa kamu parkir dengan menitipkannya ke warga sekitar yang sudah stanby di dekat lapangan voli. Disediakan kotak sumbangan sukarela untuk parkir dan mengelola lokasi wisata Curug Kedung Kandang. Sebagai traveler yang bijak, kita harus mendukung dengan ikhlas

Rute yang dilalui jika wisatawan dari arah Wonosari ketika sampai pertigaan Sambipitu mengambil arah menuju Obyek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Sampai perempatan Desa Wisata Bobung masih lurus dan berhenti di depan warung mie ayam Bu Ning, kemudian belok kiri dan sampai di lapangan voli. Wisatawan dapat memarkirkan kendaraannya di rumah penduduk di sekitar lapangan voli.

Wisatawan yang berkunjung dari arah Yogyakarta, sampai di Desa Putat ada pertigaan sebelum SMPN 2 Patuk lurus arah Desa Wisata Bobung. Sampai perempatan Bobung belok kiri arah Nglanggeran dan sampai warung mie ayam Bu Ning belok kiri. (Edo/Bara)