Grojogan Mudal - Kulon Progo

Grojogan Mudal adalah salah satu dari dari enam air terjun yang berada di kecamatan Girimulyo yang letaknya berdekatan satu sama lain. Sedangkan air terjun lain adalah Setawing, Gojogan Sewu, Sigembor, Kembang Soka, Kedung Pedut.

Nama Grojogan Mudal beradal dari nama sumber mata airnya yang mana letaknya tidak jaud dari lokasi air terjun berada. Sumber mata air ini berupa sungai bawah tanah yang keluar dari dinding goa dan mengalir keluar membentuk aliran air terjun.

Grojogan Mudal ini terdiri dari beberapa air terjun dengan ketinggian yang berbeda.

Setelah melewati Goa Kiskendo dan mengambil belokan ke kiri ke arah Kokap nantinya akan ikuti jalan ini sampai ditemui jembatan yang ada papan penunjuk jalan ke arah ait terjun berada.

Dari kota Jogja, kita bisa menuju perempatan Demak Ijo ringroad barat, dari perempatan ambil ke arah jalan Godean (arah barat) dari sini kita tidak usah berbelok jika menemukan persimpangan. Menyelusuri jalan Godean kita akan melewati pasar Godean, Sungai Progo, dan sampai di pemandangan sawah-sawah dan Pegunungan Menorehnya Kulonprogo. Mulai dari sini jalan akan menanjak dan berkelok serta mempunyai pemandangan indah. Setelah melewati jalan menanjak berkelok, kita akan menemukan pertigaan mentok, ambil kanan menuju arah Goa Kiskendo. Nanti anda akan melewati pasar Jonggrangan yang mana didekat sana ada jalan menuju air terjun Setawing dan Air Terjun Grojogan Sewu. Jika menemu persimpangan jalan ambil yang mengarah kea rah Goa Kiskendo. Setelah melewati Goa akan ada pertigaan dengan pemandangan hutan pinus, ambil kiri yang mengarah kea rah Kokap. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan jembatan yang ada papan petunjuk jalan ke arah air terjun Mudal. Dari papan petunjuk tersebut kita tinggal mengikutinya saja.

Lokasi

Terletak di Dusun Banyunganti, Desa Girimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Melanjutkan perjalanan dari Air Terjun Sigembor, setelah melewati Dusun Banyuganti aka nada pertigaan dengan papan petunjuk ke Gronjogan Mudal, ambil kanan untuk ke air terjun Mudal (jika ke kiri ke arah air terjun Kembang Soka). Air terjun ini mulai dikelola oleh masyarakat setempat, sekitar air terjun baru dibuat akses jalan dan taman sehingga nntinya air terjun ini nampak indah. Air terjun ini punya beberapa tingkat, sehingga pengunjung bisa menikmatinya satu persatu. Air terjun ini lebarnya tidak cukup luas sehingga jika untuk main air disini agak kurang leluasa