Air Terjun Pertemon - Banyuwangi

Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari dua tingkatan. Letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan.

Air terjun ini berada dibalik tebing seperti air terjun Madakaripura yang disekililingnya terdapat tebing – tebing yang menjulang tinggi. Air yang jatuh, berasal dari atas tebing yang saling mengapit. tetesan air terjun yang sangat segar dan dingin ini membentuk sebuah kolam yang dalamnya sekitar 1 meter.

Tebing yang mengapit air terjun ini memiliki motif garis, sedangkan tebing lainnya dihiasi oleh pohon pakis yang membuat tebing tampak hijau. Karena tergolong masih baru, masyarakat sekitar masih belum membangun fasilitas penunjang. Selain itu disini juga tidak ada orang yang berjualan, jadi wisatawan dianjurkan untuk menyiapkan perbekalan dari rumah.

Perjalanan menuju Air Terjun Pertemon hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Sepeda motor akan diparkir di area rumah warga yang sudah disediakan.

Selama perjalanan, pengunjung akan menyusuri perkebunan kopi, lereng, area persawahan terasiring dan sungai yang jernih.

Setelah kurang lebih 1 kilometer berjalan, pengunjung akan menemukan pemandangan segar berupa tebing-tebing menjulang tinggi. Seolah, saat berjalan sedang berada di jurang tebing paling dasar. Kondisinya seperti sedang berada di antara tebing-tebing yang mengapit.

Wisata air terjun ini dikelola secara swadaya oleh warga Dusun Sambungrejo. Ada 16 orang yang mengawali untuk mengelola wisata alam ini secara perlahan.

Saat ditemui, para warga masih melakukan proses pembuatan akses jalan setapak.

"Jalannya sudah mulai diatur. Ada karcis untuk sepeda lima ribu. Itu untuk pembangunan jalan, tempat ganti pakaian, penunjuk jalan dan musala

Lokasi

Terletak di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Apabila anda dari arah jember maka anda ikuti saja arah menuju kecamatan Rogojampi, sebelum pasar ada pertigaan jika belok kiri menuju kecamatan Songgon, waktu tempuh dari Rogojampi ke Songgon sekitar 30 menit. Jika wisatawan dari arah Banyuwangi kota rutenya tak jauh berbeda, ikuti saja arah menuju kecamatan Rogojampi setelah pasar nanti ada pertigaan yang disebutkan diatas belok ke kanan menuju kecamatan songgon

Sesampainya di kecamatan Songgon, wisatawan tinggal mengikuti petunjuk arah atau plang menuju wana wisata Rowo Bayu, karena air terjun Pertemon satu arah dengan Rowo Bayu. Dari pasar Songgon, jarak menuju air terjun ini tinggal 3 KM lagi. Nantinya di sebelah kanan jalan akan ada petunjuk arah yang disertai gambar menuju lokasi air terjun.

Petualangan anda baru dimulai ketika telah menemukan petunjuk jalan tersebut. Dari sana wisatawan akan memulai perjalanan dengan jalan kaki sekitar 1 KM karena disana akses jalan dan tempat parkirnya masih belum ada jadi wisatawan harus memarkirkan kendaraan di rumah warga. Anda juga bisa menyewa guide orang setempat yang siap mengantarkan jika anda takut kesasar.

Wisatawan akan melewati area persawahan kemudian menyebrangi sungai kecil melalui jembatan bambu lalu wisatawan akan menemukan tanjakan pertama yang nantinya membawa anda ke area perkebunan kopi dan durian. Setelah melewati perkebunan kopi wisatawan akan dihadapkan dengan persimpangan kecil, anda bisa memilih salah satu dari jalan karena kedua jalan tersebut sama – sama menuju ke lokasi air terjun. Bedanya adalah jika wisatawan memilih jalan yang kiri maka akan melewati area persawahan terasering yang meliuk – liuk, apabila memilih jalan ke kanan maka wisatawan akan melewati jalan menurun kemudian menyusuri sungai hingga menemukan tanjakan. Diatas tanjakan inilah pertemuan kedua jalan tadi.

Wisatawan masih harus menyusuri sungai lagi dari pertemuan kedua jalan tersebut. Di sungai yang akan dilewati inilah anda akan melihat pemandangan tebing – tebing yang menjulang tinggi. Seolah anda berjalan di sungai yang diapit oleh dinding – dinding tebing. Jika anda sudah mendengar suara derasnya air jatuh, maka anda sudah dekat dengan lokasi. Dari tempat parkir kendaraan, anda hanya butuh waktu 30 menit untuk berjalan ke air terjun ini.

Rute Menuju Air Terjun PertemonUntuk menuju air terjun ini bisa ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan karena tidak ada angkutan umum menuju air terjun ini. Air terjun ini rutenya searah jika kalian hendak menuju ke wana wisata Rowobayu. Rute ke air terjun Pertemon dari Kota Banyuwangi bisa melewati jalan menuju Rogojampi –Simpang Kantor Telkom Rogojampi ambil kanan jalan – ikuti saja jalan (ikuti petunjuk menuju Songgon/ Rowobayu) – Melewati Pasar Songgon – sekitar 15 menit akan terlihat Baliho dan Spanduk di kanan jalan menuju Air Terjun Pertemon – Ikuti petunjuk tersebut akan sampai di parkiran air terjun Pertemon.

Setelah membayar parkir sebanyak Rp. 5000, kami melanjutkan perjalanan berjalan kaki menuju Air Terjun Pertemon selama kurang lebih 25-30 menit dengan medan jalan yang tidak berat dan seru. Serunya seperti melewati persawahan, perkebunan kopi dan durian milik masyarakat, telusur sungai dan akhirnya yang cukup mencengangkan adalah kami harus menyelusuri Jurang dalam dari dua bukit. dan ternyata di ujung jurang tersebut merupakan Air Terjun Pertemon