Air Terjun Kedung Ombo - Jepara

Air Terjun Kedung Ombo adalah air terjun yang mengalir merayap mengikuti kontur terbing tumpukan batu yang berundak-undak seperti anak tangga.

Di desa Papasan sendiri, ada 2 buah air terjun yang sangat menarik untuk dikunjungi. Yaitu air terjun Kedung Ombo dan Air terjun Gembong. Kedua air terjun ini masih dialiri oleh sungai yang sama. Untuk menuju ke lokasi air terjun kedung ombo, bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor dan jalannya pun sulit serta sempit lebarnya hanya cukup untuk 1 sepeda motor,

Air terjun gembong memiliki ketinggian sekitar 30 m

Adalah Curug Kedung Ombo di desa Papasan. Traveler harus melewati halang rintang berupa rute jalan setapak yang menguras tenaga. Namun rasa capek tidak begitu terasa sebab sepanjang perjalanan traveler akan disuguhi oleh pemandangan alam yang indah. Curug Kedung Ombo tidak terlalu tinggi namun tetap memancarkan aura yang eksotis. Jika traveler mau pemandangan yang lebih menakjubkan, lanjutkan perjalanan dengan susur sungai menuju air terjun Gembong. Kedua air terjun ini mendapatkan pasokan air dari aliran sungai yang sama.

terjun kedung ombo saja selanjutnya kalian bisa jalan kaki sekitar 1 km dengan tantangan menelusuri aliran sungai dan masuk di bawah kolong bebatuan yang begitu indah ketika anda berani melawan arus deras tersebut. dalam perjalanan kaki anda, Air Terjun Gembong terletak tidak jauh dari Air Terjun Kedung Ombo. Pengunjung bisa berjalan kaki sekitar 30 menit melewati jalan setapak yang telah disediakan

Lokasi

Terletak di Desa Papasan, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Jepara atau 5,5 km dari kantor desa Papasan. Untuk menuju kesana harus melalui jalan setapak, menyeberangi aliran sungai dan menuruni tebing.

Untuk pengunjung yang menggunakan sarana transportasi umum: Dari arah Semarang, Demak, atau Kudus naik bus tanggung jurusan Jepara turun di terminal Jepara. Kemudian naik bus tanggung lagi jurusan Bangsri (tarif sekitar 6 ribu) turun di pertigaan KUD Mintorogo Bangsri (sebelum pasar Bangsri) Kemudian cari ojek menuju lokasi. Dari Bangsri menuju kediaman Mbah Pintono menggunakan ojek menurut Mas Musyafa (cucu Mbah Pintono) menghabiskan sekitar 15 ribu.

Untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi (mobil/motor) bisa mengikuti rute di atas. Jika dari arah Jepara kota maka belok kanan di pertigaan KUD Mintorogo Bangsri (sebelum pasar Bangsri). Kemudian lurus terus mengikuti jalan utama. Kemudian belok kanan lagi di pertigaan kuburan cina. Lurus terus mengikuti jalan utama. Kemudian akan menemukan jalan bercabang, ambil jalan yang kanan. Kemudian lurus lagi sampai kediaman Mbah Pintono. Apabila anda membawa kendaraan sendiri saya menyarankan agar kalau bepergian ke daerah yang belum anda kenal terutamanya tujuan anda ke gunung gunakan sepeda motor saja yang fleksibel di segala kondisi medan jalan.

Untuk mengunjungi lokasi Air Terjun Kedung Ombo dan Air Terjun Gembong, pengunjung hanya akan dikenakan tarif parkir sebesar 2 ribu rupiah jika parkir di kediaman keluarga Mbah Pintono. Sampai 10 Januari kemarin tidak ada retribusi lainnya.

Jalan menuju lokasi air terjun adalah jalan tanah. Ada beberapa tanjakan dan turunan. Maka dari itu sangat tidak disarankan membawa motor ke lokasi Air Terjun Kedung Ombo terutama ketika hujan/setelah hujan karna jalan akan sangat licin. Terlebih lagi pengunjung akan menyebrangi sungai yang jika alirannya deras akan membuat motor sulit melewatinya.

Air terjun Kedung Ombo terletak di sisi kiri bawah dari jalur yang dilalui. Tertutupi pohon dan tumbuhan tumbuhan. Jika tidak teliti maka lokasi Air Terjun Kedung Ombo akan terlewati karna dari atas tidak terlihat sama sekali. Hanya terdengar suaranya. Banyak pengunjung yang melewati lokasi ini karna tidak tau. Patokannya adalah ada aliran sungai di kiri jalan dengan bebatuan agak besar di atasnya dan ada jalur kecil disebrangnya untuk menuju ke bawah, yaitu lokasi air terjun tersebut.