Air Terjun Grenjengan Dowo - Jepara

Air Terjun Grenjengan Dowo memilliki bentuk unik dimana air yang jatuh tidak langsung jatuh ke bawah seperti air terjun biasanya melainkan mengalir menuruni (merayap) di sebuah tebing agak miring.

Kemudian kami mengambil arah menuju kecamatan Kembang. Sesampainya di Wilayah Kembang di pertigaan sebelum kantor kecamatan Kembang, belok kanan arah jam 2. Kemudian lurus ikuti jalan tersebut, ambil arah menuju desa Dudakawu. Sebelum memasuki desa Dudakawu, anda akan melewati desa Jinggotan dan desa Pendem.

Setelah memasuki desa Dudakawu, ada perempatan, ambil arah ke kiri menuju Sendang Sinatah. Sesudah menuruni bukit, menyeberangi sungai dan menaiki bukit. ada akan tiba di sebuah perempatan yang ada prondannya ( pos kamling). kemudian belok kanan, ambil arah Sendang Sinatah.

Lurus ikuti jalan tersebut, hingga menemukan perempatan penceng, Dari perempatan penceng tersebut ambil arah kanan hingga menemukan pertigaan Y yang di tengahnya ada tugunya. Ambil arah ke kiri karena yang arah kanan menuju Sendah Sinatah. jika ada percabangan, ambil arah ke kiri yang jalan tanah.

Sebelum tiba di rumah terakhir

Air terjun Grenjengan Dowo berada di desa Dudakawu,Kembang, Jepara.Traveller yang dari arah selatan / kota langsung saja menuju arah Bangsri, kemudian lanjut ke arah Keling hingga kalian masuk di daerah kecamatan Kembang.Tak lama setelah memasuki Kembang, di kiri jalan akan ada SMA & SD Kembang, kemudian setelah itu akan ada pertigaan ambil yang ke serong kanan, ikuti jalan tersebut maka traveller akan menemui gapura desa Dudakawu.Traveller yang dari arah keling, kelet dan sekitarnya kebalikannya, pertigaan setelah puskesmas Kembang ambil kiri (arah jam 8), ikuti jalan sampai di gapura juga.Dari gapura tersebut traveller ikuti jalan sampai bertemu pertigaan tugu dekat lapangan, ambil yang kiri menuju dukuh Gerot. Seterusnya utamakan arah kanan bila ada percabangan, tapi bila menemui percabangan jalan berbentuk huruf Y dengan tugu di tengahnya, kanan menurun (arah sendang sinatah), kiri menanjak, ambil yang kiri menanjak sampai penghabisan jalan beraspal, nah traveller bisa menitipkan kendaraan di rumah terakhir milik kakek nenek.Perjalanan selanjutnya dengan berjalan kaki, ada bok (tempat duduk cor) ambil kanan jalan setapak, atau ikuti panah merah yang dibuat oleh kelompok saya.Jalan terus saja mengikuti jalur setapak hingga traveller bertemu sungai, ambil yang kiri kemudian menyeberangi sungai.Setelah traveller berada di kanan sungai ikuti saja sungai tersebut hingga melewati kebun kopi.Setelah melewati kebun kopi turun telusuri sungai tersebut, tak lama kemudian air terjun indah akan terlihat dari kejauhan.Bila telah sampai, traveller yang punya nyali untuk mendekat bisa menaiki tebing di kanan sungai menerabas semak belukar, diwajibkan untuk sangat berhati-hati.Dan jangan coba-coba untuk naik satu tingkat lagi,

Lokasi

Terletak di Dukuh Ngerot, Desa Dudakawu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah.

Peta dan Koordinat GPS: 8° 12' 5.20" S 115° 8' 19.29" E

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Jepara. Dari kota Jepara arahkan kendaraan menuju ke Kembang. Sesampainya di kecamatan ini (sebelum kantor kecamatan dan puskesmas Kembang) akan ditemui pertigaan jalan. Ambil belokan ke kanan di pertigaan ini dan ikuti jalan tersebut. Setelah itu akan ditemui pertigaan lagi dan ambil ke arah kanan ke arah desa Dudakawu. Sebelum memasuki desa Dudakawu nantinya akan melewati desa Jinggotan dan Pandem

Setelah memasuki desa dudakawu ada di perempatan jalan dengan papan penunjuk jalan. Ambil ke arah kiri menuju Sendang Sinatah dan sesampainya di pertigaan Senfang Sinatah ambil belokan ke kiri kemudian naik ke atas menuju parkiran sebuah rumah.

Dari parkiran motor ini perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki yang memakan waktu sekitar 2 jam melewati jalan setapak, melewati aliran air dan perkebunan kopi milik warga setempat menuju lokasi air terjun berada. Di sepanjang jalan setapak ini sudah terpasang petunjuk arah menuju air terjun walaupun tidak permanen.