Air Terjun Banyu Nibo - Wonogiri

Air Terjun Banyu Nibo memiliki ketinggian sekitar 50 m.

Lokasi

Terletak di Dusun Ngluwur, Desa Kepuhsari, Kecamatan Mayaran, Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Jika dari Yogyakarta, mengambil arah ke timur menuju Gunungkidul. Sampai Wonosari, perempatan Pemda belok kiri, ambil arah ke timur yaitu menuju Karangmojo. Sampai perempatan pasar Karangmojo, belok kiri menuju Semin. Nah, sampai Pasar Semin bisa lurus ke timur mengikuti jalan ke Karangsari. Sampai Karangsari tanya arah ke dusun Ngluwur.

Jika dari Wonogiri, ambil jalan arah Pracimantoro. Sampai di Manyaran, ikuti saja papan penunjuk jalan menuju ke air terjun Banyu Nibo. Sekitar 500 meter sebelum parkiran motor, kita akan disambut Gapura Selamat Datang di Air Terjun Banyu Nibo dan Anda akan diminta membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 setiap orang dan Rp 2.000,00 untuk tarif parkir motor. Dari parkiran ini Anda harus trekking naik ke atas terasering sawah dan melewati pematang sawah kira-kira sejauh 200 meter.

1. Dari kota Yogyakarta mengambil arah ke timur menuju Gunungkidul (lewat Jalan Wonosari - Piyungan - naik ke Bukit Bintang - Patuk- Wonosari). Jaraknya sekitar 48 km,dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan.

2. Sampai Wonosari, perempatan Pemda belok kiri, ambil arah ke timur yaitu menuju Karangmojo. Jarak Wonosari - Karangmojo sekitar 7 km dapat ditempuh 15 menit.

3. Sampai perempatan pasar Karangmojo, belok kiri menuju Semin. Karangmojo - Semin sekitar 14 km.

4. Nah sampai Pasar Semin bisa lurus ke timur mengikuti jalan ke Karangsari. Sampai Karangsari tanya arah ke dusun Ngluwur. Sampai Ngluwur tanya penduduk insyaallah akan menunjukkan arah ke air terjun. Jalan alternatif yang lain bisa lewat pasar semin belok kiri mengikuti jalan besar. Lalu belok kanan menuju Manyaran. Lalu menuju Kepuhsari - Ngluwur - Banyu Nibo. Perjalanan dari Semin ke air terjun sekitar 20 menit.

5. Menurut pengalaman kemarin, pemandangan lewat jalan Manyaran - Kepuhsari lebih indah daripada Pasar Semin - Karangsari. Kami kemarin bisa melihat Waduk Gajahmungkur dari atas gunung jika lewat Jalan Manyaran.

6. Pemberhentian terakhir jika menggunakan kendaraan roda empat atau dua adalah di rumah warga yang ada pohon sawonya (maaf malah lupa tanya namanya). Kendaraan diparkir di sana. Barang bawaan berat juga bisa dititipkan. Saat in i belum dikenakan tarif parkir dan penitipan barang.Namun kita bisa memberi seikhlasnya ^_^

7. Setelah motor diparkir, kita akan jalan kaki menuju air terjun jauhnya sekitar 150 meter yang dapat ditempuh selama 10-15 menit. Wuih...tracknya asyik, nglewati pematang-pematang sawah. Trus ada jalan yang berbatu seperti aliran air. Trus sepanjang jalan kita akan mengikuti pralon-pralon kecil yang digunakan untuk irigasi