Air Terjun Tedunan - Pati

Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari dua tingkatan. Letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan.

Lokasi

Terletak di Dukuh Jonggol, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Propinsi Jawa Tengah.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Untuk menuju lokasi, setelah membayar tiket masuk menuju Waduk Gunung Rowo, arahkan sepeda motor anda menuju pertigaan, kemudian ambillah kiri jalan(jika mengambil kanan jalan anda akan sampai di Waduk Gunung Rowo). Kemudian Luruslah kira-kira 1km, kemudian anda akan menemui pertigaan yag berbentuk huruf Y, turunilah pertigaan tersebut, dan luruslah hingga sampai di rumah-rumah para penduduk, Kemudian tanyakan kepada penduduk setempat, pasti dengan senang hati penduduk Desa akan memberitahu letak air terjun tersebut dengan detail dan jelas.

Tak adanya papan penunjuk arah menuju lokasi(papan reklame), pasti akan membuat anda yang akan mengunjungi air terjun tersembunyi di kota Pati tersebut akan kebingungan, saya sendiri bertanya kepada seseorang sampai dua kali, yakni kepada penjaga tiket masuk Gunung Rawa dilanjutkan bertanya kepada salah seorang penduduk, dan Alhamdulillah saya diantarkan langsung sampai tempat tujuan.

Untuk memasuki air terjun tersebut tidak di kenakan biaya sama sekali alias free(gratis). Anda dapat menitipkan sepeda motor anda di salah satu rumah penduduk yang berdekatan dengan lokasi air terjun Tedunan Pati tersebut, dan saking ramahnya, saat saya memakirkan kendaraan saya di salah satu rumah penduduk, saya tidak dikenakan biaya parkir sama sekali alias gratis, walaupun saya bujuk untuk menerima sedikit uang dari saya, penduduk tersebut tetap bersikeras menolaknya.

Air terjun Tedunan di kota Pati tersebut memiliki debit air yang mengucur deras, dengan memiliki ketinggian -+40meter dengan dikelilingi oleh tebing-tebing dan memiliki sebuah kubangan air untuk berendam. Waspadalah, karena longsor dapat terjadi sewaktu-waktu!!