Air Terjun Suwono - Ngawi

Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari dua tingkatan. Letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan.

Tidak jauh dari Air Terjun Pengantin terdapat air terjun yang tidak kalah indahnya, namanya Air Terjun Suwono. Berjarak kurang lebih 3 km dari Air Terjun Pengantin dan menempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan mobil pribadi, dengan medan menanjak yang cukup sempit dan melewati cor blok. Hanya cukup dilewati satu mobil saja, akan kesulitan jika berpapasan dengan mobil lainnya.

Setelah melewati SDN 2 Hargomulyo, Anda akan menjumpai pertigaan. Arah kiri menuju Air Terjun Pengantin dengan jalan beraspal, Anda ambil yang arah kanan dengan jalan cor blok menuju Air Terjun Suwono.

Setelah memarkirkan kendaraan dan membayar tiket masuk, Anda bisa langsung memulai perjalanan menuju lokasi. Ada sebuah warung kecil di tempat parkir, sebaiknya Anda membeli perbekalan di sini karena sudah tidak ada warung lagi. Di sebelah warung ada jalan tanah yang menurut warga sekitar merupakan jalur menuju Puncak Gunung Lawu, atau biasa disebut Jalur Jogorogo.

Perjalanan menyusuri hutan karet yang rindang, berjarak kurang lebih 600 meter dan menempuh waktu sekitar 20 menit. Anda akan melewati jalan berupa tanah datar dan sempit hingga sampai di lokasi. Suasana yang benar-benar masih alami dengan suara-suara khas binatang pedesaaan.

Setelah melewati jalan tanah dan sedikit batu, Anda akan sampai di lokasi air terjun. Sedikit berbeda dibanding Air Terjun Pengantin, air di sini lebih dingin karena sedikit sinar matahari yang masuk. Ketinggian air terjun sekitar 40 meter. Tidak jauh dari air terjun ada sebuah kolam dengan kedalaman sekitar 70 cm

• Parkir motor Rp2000

• Parkir mobil Rp3000

• Tiket masuk Rp4000/orang

Fasilitas di sini belum terlalu lengkap, hanya tersedia tempat parkir dan warung makan, tidak ada kamar mandi

Berada di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, terdapat sebuah air terjun yang masih alami. Nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Suwono. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter dan memiliki 2 percabangan terjunan. Suasananya yang masih alami membuat para wisatawan merasa damai dengan hawa sejuk dan asri karena dikelilingi hutan pinus.

Lokasi

Terletak di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Slawi, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Untuk mencapai ke wisata air terjun dapat menempuh dengan tiga jalur. Pertama, apabila kalian yang memulai perjalanan dari kota ngawi dapat langsung mengambil rute jogorogo – Ngrambe. Kedua, untuk kalian yang dari arah utara, dari Gendingan langsung menuju ke jalan gendingan – Ngrambe. Untuk kalian yang dari barat dari arah sragen, bisa ambil jalan jurusan Sine kemudian Ngrambe.

Jaraknya hanya sekitar 7 Km dari Pasar Ngrambe. Untuk menuju ke lokasi ini, bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Yang jelas, siapkan kesehatan kendaraan sampean untuk menanjak. Tiket masuk hanya Rp.3000. Sayangnya untuk fasilitas pendukung belum cukup tersedia, masih murni dikelola oleh warga setempat.

Untuk sampai kesana, dari arah Ngawi yang melewati Jogorogo, sebelum perempatan pasar Ngrambe ada belokan ke kiri (sudah ada petunjuk arah), hingga sampai ke SDN Hargomulyo, dari situ sudah tidak jauh menuju lokasi air terjun. Untuk menuju desa Hargomulyo kita bisa membawa kendaraan bermotor dari Ngrambe melalui jalan ke arah selatan menuju desa Hargomulyo.

Dari Pasar Ngrambe, ambil jalur arah Hargomulyo lurus sampai di pertigaan sebelum SDN HARGOMULYO 2. Belok kanan dan ikuti papan arah yang sudah terpasang hingga ke loket masuk.

1. Dari arah Madiun, Magetan, Ngawi.

Silahkan ambil jalur Ngawi-Paron-Jogorogo-Ngrambe. Dari perempatan pasar Ngrambe ambil jalur arah Hargomulyo. Atau tepatnya pertigaan 100 meter timur perempatan ke selatan lurus sampai di SDN HARGOMULYO 2.

Pertigaan sebelum SDN HARGOMULYO 2 Monggo belok kanan, mengikuti papan arah menuju Air Terjun Suwono yang sudah terpasang sampai di loket masuk

Bagi anda yang ingin menggunakan angkutan umum. Bisa dari terminal Kertonegoro Ngawi, naik bus Jaya Agung jurusan Ngawi-Ngrambe, atau bus engkel kecil jurusan Ngawi-Ngrambe. Dari perempatan Pasar Ngrambe bisa Ngojek sampe ke lokasi.

2. Dari arah Widodaren, Jl. Raya Solo-Surabaya

Monggo bisa via Terminal Gendingan-Walikukun-Pasar Ngrambe. Kemudian ambil arah Hargomulyo.

Dari pertigaan SDN HARGOMULYO 2 Belok kanan ikuti papan arah Air Terjun Suwono sampai di loket masuk.

Atau bisa naik bus Solo-Surabaya, seperti Sumber Kencono, Mira, Eka, Akas turun terminal Gendingan. Ganti bus arah Ngrambe. Bisa Andys Kencono atau Gaya Kerja. Dari pasar Ngrambe bisa Ngojek langsung menuju lokasi.

3. Dari arah Sragen, Solo

Monggo bisa via SPBU Tunjungan, Sragen ambil arah Sine. Kemudian lurus ke Timur arah Ngrambe.

Dan ambil jalur ke arah Hargomulyo. Dari Pertigaan SDN HARGOMULYO 2 belok kanan ikuti papan arah menuju Air Terjun Suwono sampai di loket masuk.

Atau bisa naik bus Harta Sanjaya Sragen-Sine dari terminal Pilangsari Sragen, turun Sine. Dan ganti bus Andys Kencono/ Colt biasa turun Pasar Ngrambe. Dan sambung ojek menuju lokasi