Coban Parang Tejo - Malang

Coban Parang Tejo memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan kucuran air yang halus. Air terjun ini terletak dilereng Gunung Butak dan membentuk aliran Sungai Metro di perbatasan Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu dan Kabupaten Blitar.

Lokasi

Terletak di Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

7° 55' 57.37" S 112° 30' 41.78" E

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 20 km dari kota malang atau 21 km dari kota Batu. Jika dari kawasan wisata Bedengan sejauh + 1 Km melalui hutan lindung.

Perjalanan dari Kota Malang menuju Desa Gadingkulon bisa melalui beberapa alternatif rute dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan menuju kesana sudah cukup baik dan beraspal mulus. Sayangnya angkutan umum menuju kesana tidak ada. Sesampainya di Dukuh Princi, yaitu dukuh paling barat Desa Gadingkulon, kendaraan dapat dititipkan di rumah penduduk dan perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki melewati jalan setapak naik turun bukit, menyisir jurang hingga lokasi curug berada.

Jika mengendarai sepeda motor, perjalanan masih bisa dilakukan sejauh dua kilometer lagi melewati jalan tanah yang sempit hingga pos terakhir.

Beberapa rute alternatif yang ditempuh dari kota Malang antara lain:

1. Dari perempatan Dieng Plaza ke arah barat – Unmer – Perumahan Dieng – Pangkalan Mikrolet STL – Kalisongo – Petungsewu – Tegalweru – Pertigaan Dukuh Sempu, Desa Gadingkulon ke kiri – Dukuh Princi

2. Dari Museum Brawijaya – Jl. Bondowoso – Jl. Tidar – Jl. Puncak Mandala – Jl. Puncak Yamin – Jl. Esberg – Pangkalan Mikrolet AT – Jl. Candi V D – Karangwidoro – Petungsewu – Tegalweru – Pertigaan Dukuh Sempu, Desa Gadingkulon ke kiri – Dukuh Princi

3.Lewat jalan antar kota Malang-Batu – Pemandian Sengkaling ke barat – pertigaan Puskesmas Dau ke kiri – Rumah Makan Joglo Dau – perempatan Semanding – Asrama Putri Arrohmah – perempatan Sumbersekar-Gadingkulon ke barat – Dukuh Princi

Sedangkan dari Kota Batu adalah:

Batu Night Spectacular (Jl. Raya Oro-Oro Ombo) – Jl. Raya Tlekung – Jl. Raya Junrejo -

Monumen Jun – Sumbersekar – perempatan Sumbersekar-Gadingkulon belok ke kanan – Dukuh Princi